Mengapa Libido Menurun?

TANYA: Dokter Wimpie Yth. Saya pria berusia 36 tahun sudah menikah dengan dua anak. Saya akhir-akhir ini mengalami problem menurunnya gairah seksual. Terakhir berhubungan intim dengan istri, ereksi saya pun tidak maksimal. 
Saya tidak yakin, apakah anjloknya gairah ini ada kaitannya dengan kondisi saya yang kurang bugar, akibat stres pekerjaan, atau karena menurunnya kadar hormon testosteron? Apakah ada tanda-tanda nyata menurunnya hormon testosteron dalam tubuh? Adakah cara sederhana meningkatkan kadar testosteron tanpa pengobatan medis? Terima kasih atas jawabannya.
Usman, 36, Bandung

JAWAB:
Kalau gairah seksual menurun, tentu saja ereksi terganggu. Ada banyak faktor yang dapat mengakibatkan gairah seksual menurun. Gangguan fungsi berbagai organ tubuh dapat mengakibatkan gairah seksual menurun. Sebagai contoh, gangguan fungsi hati dan berkurangnya kadar hormon testosteron karena penyebab tertentu.
Saya tidak tahu dari mana Anda merasa tidak yakin kalau menurunnya gairah seksual tidak ada kaitan dengan kondisi tubuh Anda. Hanya pemeriksaan yang dapat memberi kepastian mengenai keadaan fungsi tubuh Anda.
Tetapi, ada beberapa tanda atau keluhan yang muncul akibat kadar hormon testosteron yang menurun, antara lain gairah seksual menurun, ereksi terganggu, kemampuan berolahraga menurun, gemuk di bagian perut, dan emosi labil.

Sumber:

Perihal ujungkarang
Saya adalah blogger yang baru saja belajar, dan mohon masukan dari para senior blogger yang mau menyumbangkan ilmunya kepada saya,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: